kursor

Animated Dance Dance Revolution DDR Red

Senin, 02 Desember 2013

MY STORY (AKU dan BAHASA JERMAN)




*Kennenlernen.
Pertama kenal bahasa Jerman tuh di SMA. Tau kalo gunanya huruf ä,ü,ö di keypad handphone itu juga pas belajar bahasa Jerman. Aku kira huruf itu buat alay-alayan gitu , haha. Soalnya jaman dulu seneng bngt sms pake huruf2 itu, wkwkwk. Pas pertama belajar bahasa Jerman, engga langsung tertarik. Rada aneh abisnya! Hehe. Tapi, yang namanya bahasa Asing pasti ya, kedengeran aneh ke kita-nya. Pas ulangan harian pertama, dapet nilai 65. Inget banget cuma gara-gara kurang umlaut (titik dua di huruf a,u,o), atau salah konjugasi-in nya doang-_- haha. Sekarang baru tau kalo kesalahan itu fatal bngt ternyata, hehe :D seiring berjalannya waktu *eaa..nilai nya jadi meningkat deh, 75,80,85,90, sampai 100!! Hehe.

*ich mag eigentlich Deutsch
Aku selalu bersemangat ketika pelajaran bahasa Jerman. Dan aku engga pernah tau kenapa, sampai pada saat kelas 12 , temen-temen aku tanya, “may, elo mau masuk jurusan sastra jerman emang?” dan aku pasti jawab, “hah? Engga. Mau jadi apa emangnya nanti gue kalo pilih sastra jerman.” Pada saat itu emang aku engga tau kalau aku akan berkarir sebagai apa kalau pilih sastra jerman. Sampai pada saat pemilihan jurusan buat masuk PTN, aku bingung karena peminat jurusan kedokteran, keperawatan, dan kesmas banyak bangeeet. Passing grade nya juga gede-gede teuing lagi!>,< terus aku mulai ngelirik jurusan bahasa jerman dan nge-search tentang jurusan itu. Ternyata peluang kerja nya bagus juga, aku bisa kerja di kedutaan! Tapi aku masih belum yakin buat ambil jurusan itu. Akhirnya, aku konsul sama tiga atau empat orang yang berbedan dengan pertanyaan yang sama. “Apa yang harus aku pilih diantara satu bidang yang aku tau aku bakal jadi apa nantinya tapi aku engga terlalu tertarik banget sebenernya, cuma kepengen aja dan satu bidang lagi, aku suka.. tapi aku engga punya prospect ke depannya mau jadi apa kalo pilih bidang itu, aku cuma seneng saat pelajarin itu aja.” Dan mereka semua dengan inti jawaban yang sama bilang, “pilih yang kamu suka. Kenapa? Karena itu jadi jalan utama kamu buat sukses. Kamu engga akan ngerasa ada beban kalo ngerjain sesuatu yang berkaitan dengan bidang yang kamu sukai itu.  Seiring berjalannya waktu, karena kamu ngerjain segala tugasnya pakai hati, dan kamu enjoy, suatu saat kamu akan jadi ahli dalam bidang itu. dan orang-orang yang akan cari kamu. Jadi engga perlu khawatir masalah pekerjaan.”
*endlich
Kelas 12 adalah masa-masa dimana aku kudu mikir tentang jurusan-kuliah-masa depan, arrggh!! Aku punya impian sejak kecil, kalau aku mau jadi dokter , perawat atau dan sebagainya. Soalnya aku pikir kalo aku bisa jadi dokter aku bisa berguna buat orang-orang disekeliling aku. Akhirnya, aku isilah formulir pendaftaran ‘SNMPTN-undangan’ kesmas- unsoed ; keperawatan- unpad ; sastra jerman-unpad. Sebenernya bingung mau isi apa di pilihan ketiga. Secara aku kan IPA, dan guru-guru aku bilang tuh kalo IPA ya, pilih jurusan untuk IPA, dan IPS ya jurusan untuk IPS. Soalnya kemungkinan nya bakal kecil banget kalo murtad jurusan tuh..*eh? Tapi, engga tau kenapa yang aku harapin bakal keterima malah sastra jerman . and then, saat-saat menentukan itu tiba.. itu yang namanya deg-degan, deg-degan bngt,laah! Apalagi, di twitter udah bnyk yg nge-tweets macem-macem tea .. ada yang seneng keterima di UI lah, ada yang bilang rela, ridho, pasrah and the genk engga keterima di univ manapun lah, haha~ terus gue? daaaan.. jreng-jreng aku engga keterima di tiga pilihan itu ._. okesip. Aku engga nyerah gitu aja, karena kita emang engga boleh menyerah pada satu harapan aja, kan ? *eaa. “Masih ada SBMPTN!” pikir ku. Akhirnya tang-ting-tung-teng-tong aku harus bener-bener pilih jurusan yang tepat. Aku harus buat strategi supaya lolos SBMPTN. Oke, aku pilih kesehatan masyarakat (aku lupa di univ mana), walaupun sebenernya masih sayang banget buat ninggalin bahasa jerman, hiks~. Lalu, aku bukalah buku-buku IPA dari kelas 10-12 dan buku-buku dari bimbel juga aku kumpulin. Tapi tiba-tiba, temen aku dateeng ke rumah. Aku cerita sih kepengen ikut tes tertulis PTN. Dan akhirnya dia juga mau ikutan. Tapi, masalahnya dia dari SMK dan dia engga belajar IPA layaknya aku di SMA. Kalo aku ngajarin dia kayaknya engga mungkin. Nilai UN fisika gue aja jelek -_-“ singkat ceritanya, fix gue murtad jurusan! Gue pilih tes IPS dengan beberapa pertimbangan, dengan jurusan bahasa Jerman yang satu-satunya harapan-ku. Dalam waktu sekitar 21 hari, aku harus mengakrabkan diri dengan ekonomi, sejarah, geografi dan sahabat mereka sosiologi. Belum lagi ditambah dengan Matdas dan TPA.
Setelah tes , selang dua minggu *kalo engga salah, pengumumannya ada di internet. Selama dua minggu itu aku baru pertama kali ngerasain berharap yang bener-bener berharap (?). lebih-lebih daripada ngarepin gebetan lewat depan rumah, wkwkwk. aku engga coba berpikir “bagaimana kalau gagal lagi?” , “univ swasta mana yang akan aku pilih nanti?” , “bagaimana..bagaimana.. dan bagaimanaaa?” . aku bener-bener engga mikirin hal-hal itu. Aku pasrahkan semuanya kepada Allah Swt. Dan aku percaya pada diriku sendiri kalo aku udah berusaha yang terbaik dalam 21 hari itu! *bahasanyasoksinetronKCB *gatau? *ignore~
Und dann... jerengjeng jerengjeng gonjreeengg!! Aku lolos!!! ._.*denganmukadatar. Karena emang engga nyangka! Dan aku lolos pada pilihan pertama!
1. Pend. Jerman – UPI
2. Pend. Jerman – UNJ
3. Psikologi – UNJ
Bodohnya, aku baru bisa seneng pas ngeliat ekspresi kedua orang tua-ku! Aku baru sadar kalo ternyata aku berhasil lolos, yeay! Puji syukur, Alhamdulillah!

*teruus?
Teruus, aku bersyukur banget bisa masuk jurusan ini dan terlebih juga karena di UPI , hehe :D merantau dari bekasi ke bandung *yaelah aku bener-bener sendiri dan mulai hidup mandiri dengan keluar dari zona nyaman aku. Ketemu temen-temen yang super duper care dan baik hatinya serta dosen yang penuh inspiratif! Aku bersyukur :)
Ternyata banyak banget rintangan yang harus aku hadapin setelah itu. rintangan-rintangan yang mencoba untuk menggoyahkan keyakinan akan pilihan aku ini. Sebenernya sih udah biasa banget yaah, dibilang dan ditanya “ kenapa pilih bahasa jerman ? kenapa engga bahasa inggris? Emang gampang nyari kerja nya? “ aku cuma bales senyum atau engga bilang insya Allah. Padahal mah dalem hati, “Duhileh, so tau banget sih!” sayang aja yang ngomong gitu, orang-orang tua yang cara berpikir nya agak kolot-_-v  Lagian, kalo dipikir lagi, mau jurusan apapun emang nya gampang nyari kerja di Indonesia?? Aku udah biasa banget denger ocehan kayak gitu, sampe ada kakek (sebenernya bapa-bapa tua gitu) yang bilang, “jangan kecil hati, yah masuk jurusan bahasa jerman.” Dan lagi-lagi cuma senyum. Tapi, dalem hati asli ngakak lah, “siapa yang kecil hati, pak.. saya dengan senang hati kok masuk bahasa jerman. Bangga malah, wkwk!”
tapi, kalo yang ngomong orang tua sendiri??? Jlep! Alus sih ngomongnya, tapi engga gini juga, “kapan bisa pindah jurusan, na? Kamu engga mau pindah jurusan ke bahasa inggris?” dan ngomongnya itu disaat mereka tau IP aku udah keluar dengan hasil 3,82!! Itu cukup bagus, kan yaah?? -_- apa mereka berpikir kalo aku bisa dapet nilai itu di bidang yang lain juga?? Engga! Karena itu bahasa Jerman aku bisa dapet hasil segitu. Karena aku suka, aku bisa dapet nilai bagus. Bukan di bidang lain, tapi di bidang bahasa Jerman! *kesel bet ini mah T_T
Tapi, aku sadar kalo itu semua adalah sentilan buat aku. Biar aku bisa ngebuktiin ke mereka apa yang bisa aku dapetin dari belajar bahasa jerman. Karena selama kita yakin, selama kita punya harapan pasti akan ada hasil yang engga pernah kita duga. Inget, kan dulu aku juga pernah mengalaminya. Hanya saja sekarang, aku harus terus berharap lebih lama lagi agar bisa terwujud, hihi ^^


Segala sesuatunya harus kita kerjakan dengan hati. Karena hanya dengan hati kita bisa mempersembahkan yang terbaik dengan tulus dan ikhlas ;)

Maya Adha K~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar